Strengths (Kekuatan)
· Telkom memiliki kekuatan finansial yang besar. Hal ini memudahkan
Telkom untuk melakukan investasi peralatan telekomunikasi yang mahal.
Selain itu, mereka juga telah memiliki jaringan dan infrastruktur yang
luas mencakup segenap wilayah tanah air sehingga memudahkan untuk
melakukan ekspansi dan penetrasi pasar.
· Sepanjang tahun 2008, jumlah pelanggan Perusahaan terus menunjukkan
pertumbuhan yang pesat. Jumlah pelanggan akses internet broadband,
sambungan tidak bergerak nirkabel dan seluler mengalami pertumbuhan
tahunan yang signifikan, masing-masing sebesar 168%, 100% dan 36%.
Telkom terus mendominasi pasar domestik di produk-produk: seluler,
sambungan tidak bergerak nirkabel dan akses internet broadband. Untuk
produk seluler, pangsa pasar (per 31 Desember 2008) adalah 47.0% untuk
Telkomsel, 26.0% untuk Indosat, dan 19.0% untuk Excelcomindo. Jumlah
pelanggan Telkomsel sebanyak 65.3 juta, Indosat sebanyak 36.5 juta, dan
Excelcomindo sebanyak 25,6 juta.
· Pilihan produk dan cakupan serta beragam jenis layanan yang ditawarkan
merupakan keunggulan strategis yang dimiliki Telkom. Kapasitas dan
infrastruktur Telkom juga menyediakan landasan yang kokoh dalam memenuhi
kebutuhan di masa mendatang untuk kecepatan, konektivitas dan pilihan
yang lebih baik.
· Dari sisi keuangan, Telkom terus menunjukkan arus kas yang kuat dan
rasio hutang terhadap ekuitas yang sehat. Posisi ini memperkuat
kemampuan Telkom untuk mengumpulkan modal guna pengembangan jika dan
ketika dibutuhkan.
· Sejumlah departemen dan instansi Pemerintah (tidak termasuk BUMN)
membeli layanan Telkom sebagai pelanggan langsung, dengan termin yang
dinegosiasikan secara komersil. Telkom tidak memberikan layanan secara
cuma-cuma atau yang berbasis perusahaan sejenis. Telkom berurusan dengan
berbagai departemen dan instansi Pemerintah sebagai pelanggan secara
terpisah satu dengan lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar